Senin, 03 Oktober 2016

PEMASARAN ONLINE


SILABUS 1
PEMASARAN ONLINE KELAS X SEMESTER 1

PEMASARAN ONLINE (MARKETING ONLINE)

1.        PENGERTIAN MARKETING ONLINE
       Pemasaran  online  sering  disebut Internet  marketing,  e-marketing  atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan  media  Internet  atau  jaringan  www  (World  Wide  Web). Kata  e
dalam   e-pemasaran   ini   berarti   elektronik   (electronic)   yang   artinya   kegiatan pemasaran  yang  dimaksud  dilaksanakan  secara  elektronik  lewat  Internet  atau
jaringan  cyber.  Kegiatan  pemasaran  Internet  umumnya  meliputi  atau  berkisar
pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian  prospek  atau  pembeli  dan  penulisan  kalimat-kalimat  pemasaran .

Definisi menurut para ahli :
E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74)

E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce,yang
merupakan  kerja  dari  perusahaan  untuk  mengkomunikasikan  sesuatu,
mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.        
1.       Manfaat Pemasaran Online



Meliputi :
a.  Melakukan perubahan dengan cepat.
             Kita dapat  langsung memperbaiki atau mengubah   baik grafis maupun kata-
     kata   ketika   terjadi   kesalahan pemasangan iklan atau segala kegiatan
     pemasaran   yang   tidak   bekerja   dengan   baik,   dan   melakukan   itu   semua
    dengan cepat dan tanpa ada masalah
b.  Menentukan sasaran demografis tertentu
             Pemasaran  online  memungkinkan  untuk  menargetkan  demografis  tertentu
     seperti   halnya   gender,   usia,   dan   lokasi.   Kita   bahkan   dapat  menargetkan
     tingkat pendapatan tertentu, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
c.  Banyak media pilihan.
      Begitu banyak media pilihan ketika         memutuskan untuk melakukan
      pemasaran online, dapat menggunakan audio, video, blogging, email, media
      sosial dan newsletter yang sedang berlangsung.
d.  Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
     Dalam  hal  ini  ada  dua  pihak  yang  diuntungkan,  yaitu  pihak  konsumen  dan Pihak pemasar(baik          penjual produk maupunprodusennya   langsung).
      Keuntungan  dari  pihak  konsumen  adalah  kemudahan  dalam  memperoleh
      informasi  mengenai  produk  yang  mereka  cari.  Hanya  dengan  mengetikkan
      kata kunci tertentu di kolom mesin pencari di internet yang berkaitan dengan
      produk   yang   dicari,   maka   mereka   akan   disajikan   banyak   informasi,   baik

3  Keuntungan Pemasaran Online

1.     Organisasi   Lebih Mudah dan Sederhana
    Kita  tidak  perlu  memajang  barang  secara  fisik,  cukup  menyediakan  katalog
    atau  daftar  barang  serta  deskripsi  singkat mengenai  masing-masing  barang
    tersebut. 
2.     Kemudahan Mengelola Barang
 JIka   kita   menjual   barang   secara   online   dengan   menggunakan   website
 sendiri,  sistem  manajemen  situs  menyediakan  sistem  pengelolaan  barang
 dan  pergudangan
3.    Pelayanan Lebih Fokus
            Kita  tidak   perlu  khawatir  bahwa  banyak   pelanggan   yang  tidak  terlayani.
            Sistem   komputer   akan   menampung   semua   pesanan.   Kita   hanya   perlu
            melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian.
4.    Riset Pasar Lebih Mudah
Berjualan melalui situs online membantu kita melakukan riset pasar
mengenai   produk-produk   yang   banyak   diminati   misalnya   dengan   melihat
kata  kunci  yang  mereka  cari  di  situs  anda.  Hal  ini  akan  membantu  anda
merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.
5.    Biaya Pemasaran Murah
Biaya pemasaran di internet relatif                sangat murah. Pemasaran    dapat
dilakukan dengan memajang produk di website sendiri atau di website pihak
lain   melalui   agen   pemasaran   online. Kita   bahkan   bisa   memanfaatkan
website atau blog secara gratis di situs-situs tertentu.
6.    Kemudahan Memilih Target Pasar
Kita  dapat  memawarkan  produk  kepada  komunitas  tertentu  melalui  forum
atau  atau  media  sosial.  Kita  juga  dapat  memasang  iklan  secara  gratis  atau
berbayar  dengan  kata  kunci  tertentu.  Hal  ini  membantu  kita  memilih  target
pasar yang potensial.
7.    Tidak Terbatas Ruang dan Waktu
Internet  tersedia  untuk  diakses  setiap  saat.  Pelanggan  dapat  mengunjungi
situs   tempat   kita   memasarkan   produk   anda   kapanpun   dan   dimanapun
selama mereka mendapatkan akses internet.

4.  Komponen Pemasaran Online

1.  Content Marketing
        Konten  merupakan   alat  untuk menarik  prospek  dan  pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce),  dan  blog.  Bentuk  dari konten  dapat  berupa  artikel,  blog, how-to,  e-book,  presentasi,  video, dan  audio.  Konten  berkualitas  yang dibutuhkan  atau  bermanfaat  bagi pembaca  akan  meningkatkan kepercayaan,   mempererat hubungan  antara  pemilik  konten dengan  pembacanya  serta meningkatkan rating pengunjung.
2. Search Engine Marketing
      Mesin  pencari  merupakan  tempat pertama  pelanggan  mencari informasi  bisnis,  produk  atau  jasa sebelum  memutuskan  membeli sesuatu.   Google  menjadi  rujukan pencarian  di  internet,  mencari perusahaan,  produk,  brand,  atau kata-kata.  Kunci  penting  terkait produk sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website.

3. Email Marketing
      Email Marketing memilki fungsi untuk tetap  menjaga  hubungan  baik dengan  klien  atau  prospek  bisnis Anda,  sehingga  anda  tetap  terlintas dipikiran  mereka  saat  mereka membutuhkan sesuatu Email  Marketing umumnya  dipahami sebagai  email  berisi  materi  promosi yang  ditujukan  kepada  kelompok pengguna  internet  melaui  email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

4. Online Public Relations
       E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang
menggunakan  internet  sebagai media komunikasi. Media  internet  dimanfaatkan  oleh PR  untuk  membangun  merk (brand)  dan  memelihara kepercayaan  publik.   Strategi online  PR  adalah membidik  situs berita  dan  komunitas  online  yang berorientasi khusus

5.  Social Media Marketing
      Media sosialadalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah  berpartisipasi,  berbagi,  dan menciptakan  isi  meliputi  blog,  jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan
oleh masyarakat di seluruh dunia Media  sosial  merupakan  alat  promosi bisnis  yang  efektif  karena  dapat  diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa  lebih  luas.  Media  sosial  menjadi
bagian  yang  sangat  diperlukan  oleh pemasaran  bagi  banyak  perusahaan  dan merupakan  salah  satu  cara  terbaik  untuk menjangkau pelanggan dan klien
6.  Online Advertising
Online  advertising  adalah  metode periklanan  dengan  menggunakan  internet dan  World  Wide  Web  dengan  tujuan menyampaikan  pesan  pemasaran (promosi) untuk menarik  pelanggan Iklan online .
Iklan  umumnya  memiliki  2  tujuan  yaitu Branding  dan  Sales,  atau  sekaligus kedua-duanya.   Setelah  menentukan tujuan,  maka  bisa  dipilih  berbagai  media sesuai profil target market dan juga budget
yang  sesuai.  Berbagai  media  online, search engine (Seperti Google AdWords), dan  Social  Media  bisa  jadi  sarana  online advertising.

7.  Website
      Website  merupakan  media  promosi  yang  paling  popular.  Website dapat  diartikan  sebagai  kumpulan  halaman  yang  yang  saling  terkait dimana  masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.
Pada  umumnya  tujuan  pembuatan website  untuk  mendatangkan pengunjung  potensial sebanyak banyaknya,  dengan  harapan  semakin banyak  orang  yang  dapat  melihat informasi  yang  disediakan  pada  web tersebut,  maka  semakin  banyak  pula orang  yang  mengenal  dan  tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan.

8.  Conversion
      Konversi adalah teknik memetakan kunjungan  sebuah  website  atau toko  online.  Penjual  harus  mampu menganalisis komposisi kunjungan: berapa  banyak  pengunjung website, berapa persen pengunjung yang  meng-klik  tombol  pembelian, dan  berapa  persen  orang  yang benar-benar membeli.
4  Cara Kerja Pemasaran Online
Keterangan :
1.            Awareness (Kesadaran)
Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.
2.            Interest (Ketertarikan)
Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen.  Konsumen akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo! Dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter)
3.            Desire (Keinginan)
Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan 
mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui situs web.
4.            Action (Tindakan)
Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
Rangkuman
1.   Pemasaran online sering disebut   Internet marketing, e-marketing atau online-marketing   merupakan segala usaha yang   dilakukan untuk melakukan   pemasaran suatu   produk   atau jasa melalui atau
menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web).
2.   Manfaat   pemasaran   online   :   melakukan   perubahan   dengan   cepat,memperoleh  hasil  secara  
real  time,  menentukan  sasaran  demografis tertentu,   banyak   media   pilihan,   penghubung   yang   
efektif   antara pemasar dengan konsumen, dan kemampuan konversi instan
3.   Keuntungan pemasaran online : organisasi   lebih mudah dan sederhana, kemudahan 
mengelola barang, pelayanan lebih fokus,riset   pasar   lebih   mudah,   biaya   pemasaran   murah   kemudahan memilih target pasar dan tidak terbatas ruang dan waktu
4.   Komponen   pemasaran   online   :   content   marketing,   search   engine
marketing, email marketing, PR online, social media marketing, online
advertising, website, dan conversion.                                                                                                      
5.   Cara kerja pemasaran online : awareness, interest, desire dan action.

      

asep
asep

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar